Minggu, 25 Oktober 2015

Tipa Tipa Cemilan Khas Batak

 
Tiap  daerah di Indonesia  memiliki makanan khas ataupun oleh- oleh yang bisa dibawa jika berkunjung ke daerah tersebut. Demikian  halnya dengan daerah Kabupaten Toba Samosir. Jika Tarutung dikenal dengan kacang sihobuknya, Siborong-borong dikenal dengan ombus-ombusnya, maka Tobasa juga dikenal dengan tipa–tipanya. Tipa-tipa merupakan cemilan yang terbuat dari padi muda yang bisa ditemukan di daerah Tobasa dan beberapa daerah di tanah batak.

Tipa tipa adalah beras olahan atau yang sering disebut emping  padi yang digongseng  dan ditumbuk hingga berbentuk pipih dari Toba, Tapanuli utara. Tipa-tipa ini, dibuat dari biji padi muda berkualitas dan pilihan menjadi cemilan.  Tipa tipa memiliki bau harum, gurih dan baunya sangat segar membuat tidak bosan-bosannya mengunyah cemilan ini apalagi diberi gula atau serutan kelapa. 
 
Tipa tipa biasanya dibuat pada saat menjelang musim panen padi. Tipa-tipa terbuat  dari bahan baku padi yang masih muda. Cara membuat tipa tipa cukup mudah, begitu dipanen, langsung direndam selama dua malam. Kemudian ditiriskan dan digongseng hingga matang. Lalu dalam keadaan panas, padi tadi ditumbuk. Setelah itu dibersihkan/ditampi untuk memisahkan beras dari kulitnya. Tipa-tipa itu sebetulnya adalah camilan istimewa di berbagai negara, dan daerah saya sendiri kota Kecamatan Porsea adalah perwakilan Tanah Batak yang memiliki sejarah pembuatanya secara tradisional.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar